10 Cara Cerdas Sebelum Membeli Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perlindungan pada saat ini untuk merencanakan keuangan pada masa depan. Oleh karena itu, kita menginginkan bahwa apa yang telah kita rencanakan terhadap orang yang kita kasihi terlindungi sepanjang masa. Dengan melakukan beberapa survey terhadap beberapa perusahaan asuransi terhadap produk mereka sebelum anda beli, diharapkan anda mendapatkan fitur asuransi dengan dengan lengkap dan harga yang sesuai.

Berikut ini beberapa fakta dan cara yang mungkin dapat menolong anda sebelum memutuskan membeli produk asuransi jiwa :
1.      Dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dan produk polis asuransi jiwa dari tiap perusahaan asuransi jiwa yang berbeda dapat menghemat uang anda.Karena tiap perusahaan asuransi jiwa mempunyai produk dengan fitur dan benefit yang berbeda. Beruntunglah ada internet sehingga anda dapat mengumpulkan informasi yang anda cari jika anda merasa tidak nyaman oleh agen asuransi yang agak memaksa menjual polisnya menurut anda. Dari internet anda bisa melakukan pengumpulan informasi, mendapatkan ilustrasi, sampai membeli polis asuransi jiwa. Meskipun pada akhirnya anda harus mendiskusikannya dengan agen asuransi, namun setidaknya anda telah mempunyai cukup informasi tentang asuransi jiwa yang bisa anda tanyakan kepada agennya.
Mencari informasi lewat internet dapat memudahkan anda dalam membuat keputusan sebelum membeli polis asuransi jiwa.

2.      Sangat penting sekali mempunyai perlindungan asuransi yang cukup bagi anda. Pada saat anda membutuhkan asuransi jiwa, anda juga perlu memperhitungkan bahwa anda tidak underinsured (dibawah dari nilai pertanggungan yang sesuai), karena adalah sangat penting bahwa anda mempunyai asuransi yang tidak terlalu kecil perlindungannya. Jika anda berpikir belum mampu membayar premi yang sesuai dengan pertanggungan yang anda harapkan, carilah pilihan lain, mulailah dari pemi yang yang sesuai keuangan anda saat ini.

3.      Semakin anda sehat, semakin murah preminya yang akan anda bayarkan.Adalah benar     bahwa orang yang sehat kondisinya mempunyai premi yang lebih murah, karena anda diharuskan membayar lebih mahal untuk salah satu faktor yang memperpendek kemungkinan waktu hidup anda (seperti merokok, minum obat dalam jangka panjang, aktivitas yang beresiko tinggi, dan kelebihan berat badan). Pertimbangkanlah bahwa, perubahan kecil pada gaya hidup anda yang meningkatkan kesehatan anda berpengaruh pada premi dan uang pertanggungan anda pada saat membeli atau merubah polis asuransi anda.

4.      Menunda saat anda membeli asuransi jiwa akan mempersulit anda dalam membeli asuransi jiwa nantinya. Semakin bertambah usia anda, semakin banyak juga faktor resiko lain yang timbul dan berpengaruh pada kemungkinan kelangsungan hidup anda. Atas dasar hal itulah yang menyebabkan perubahan pada premi dan uang pertanggungan yang akan didapatkan. Tambahan lainnya adalah, akan semakin sulit untuk membeli asuransi jiwa jika terdapat penyakit yang menyertai seiring bertambahnya usia.

5.      Adalah sangat penting untuk memperbaharui polis anda secara berkala.Karena seiring berjalannya waktu semakin bertambah kebutuhan yang harus dipenuhi. Semakin bertambahnya penghasilan, meningkat pula gaya hidup, misalnya menikah, bertambahnya anak, biaya kesehatan yang meningkat tiap tahun dan persiapan masa pensiun. Tentunya anda tak menginginkan menurunnya taraf hidup, kan ? Perbaharui polis asuransi anda agar sesuai dengan taraf hidup keluarga anda adalah salah satu hal yang penting untuk anda.
6.      Ada beberapa jenis asuransi jiwa yang berbeda fiturnya, sesuaikan dengan situasi keuangan anda saat ini. Selain asuransi jiwa unit link yang banyak ditawarkan ada pula asuransi jiwa term life (tahunan) sebagai produk yang dijual perusahaan asuransi. Jika anda mencari informasi tentang asuransi jiwa, pastinya akan selalu ditawarkan asuransi bentuk unit link dari agennya, bukan ?  Asuransi unit link memang menawarkan beberapa keuntungan bagi nasabahnya, namun masalahnya apakah itu sesuai dengan kondisi keuangan nasabah tersebut saat ini ?  Anda mempunyai hak untuk mendapatkan informasi produk asuransi lain selain unit link dari agen asuransi yang datang ke tempat anda. Namun kebanyakan mereka memaksakan bahwa unit link adalah yang terbaik (menurut mereka sebagai agen tapi tidak keuangan nasabah saat ini). Hal ini yang menyebabkan banyak orang menunda membeli asuransi jiwa sampai mereka merasa mempunyai cukup keuangan untuk membeli asuransi, menunda membeli asuransi dapat dilakukan tapi dapatkah anda menunda datangnya resiko hidup yang datangnya tidak diperkirakan ?.  selain itu, penundaan menyebabkan semakin mahalnya biaya untuk membeli asuransi jiwa.

7.      Anda membayar lebih murah jika membeli secara borongan dari pada eceran.Maksudnya adalah anda akan membayar lebih murah preminya jika dibayarkan secara tahunan daripada membayar secara bulanan untuk mendapatkan uang pertanggungan yang sama besar. Banyak perusahaan asuransi jiwa yang memberikan diskon premi jika anda membayar preminya secara tahunan, tanyakan kepada agen asuransi anda. Selain itu membayar secara tahunan dapat mengurangi resiko putusnya polis asuransi karena gagal bayar akibat lupa membayar premi asuransi.

8.      Anda seharusnya tidak mempercayai asuransi jiwa yang ditawarkan karyawan anda. Banyak karyawan yang mereferensikan asuransi jiwa grup karyawan mereka kepada anda. Bagaimanapun juga itu mungkin tidak sesuai perlindungannya dengan situasi dan kebutuhan anda saat ini. Yang lebih penting adalah, asuransi grup karyawan anda tidak bisa diteruskan polisnya jika anda pindah bekerja dari perusahaan lama.
9.      Anda seharusnya menjelaskan secarajujur kondisi kesehatan anda pada saat awal mengajukan polis asuransi. Jika anda menutupi sesuatu hal tentang kondisi kesehatan anda pada awal membuat polis asuransi, perusahaan asuransi berhak menghapus perlindungan (coverage) pada saat proses underwriting (proses menentukan seberapa besar pertanggungan yang diberikan terhadap anda). Atau perusahaan asuransi akan mengharuskan anda membayar premi lebih tinggi dari seharusnya atau menghapus beberapa hal dari perlindungan tersebut. Atau mungkin menyangkal untuk membayar klaim yang terjadi dikemudian hari. Karena salah satu prinsip utama dalam asuransi adalah kejujuran, dan untuk alasan inilah yakinkanlah untuk mengisi pertanyaan secara jujur. Ada banyak perusahaan asuransi saat ini. Jika mereka menganggap akibat satu hal kondisi kesehatan anda tidak terpenuhi untuk pengajuan polis asuransi, carilah perusahaan asuransi lain yang bersedia. Meskipun diharuskan membayar premi lebih tinggi.

10.  Membeli lebih banyak dapat menjadi lebih murah. Uang pertanggungan polis asuransi jiwa biasanya diatas 100 juta lebih, dengan menggandakan uang pertanggungan bukan berarti anda harus menggandakan pula uang preminya. Jika asuransi jiwa anda perlu dinaikkan uang pertanggungannya, yakinkan untuk mengembangkan pilihan lain dengan cara diskusikan dengan agen asuransi anda. Mungkin tidak semahal yang anda pikirkan biayanya jika anda membeli lebih banyak lagi perlindungan atau menaikkan uang pertanggungan anda.

Konsultasi GRATIS, please Contact me ;)


Baca Juga :


0 komentar:

Posting Komentar